Hari/Tanggal : Sabtu, 20 Januari 2024
Waktu : 08.30 - 12.05 WIB
Tempat : SDN Kawedusan 2
Topik KKG : Penerapan Pembelajaran
Berdiferensiasi
Pemateri : HERI MIFTAKHUL HUDA, S.Pd
Peserta : Bapak Ibu Guru Kelas 3 dan 4 Se-Kecamatan Plosoklaten
Jalannya Kegiatan :
08.30 - 09.30: Pembukaan
- Acara dimulai dengan pembawa
Acara yaitu Bu Citra dari SDN Wonorejo Trisulo 1 dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
- Sambutan pertama dari Tuan Rumah oleh Kepala SDN Kawedusan 2, beliau
menyampaikan :
Ø Kegiatan KKG ini dapat
berjalan dengan rutin dan berjalan sesuai dengan program kerja
Ø KKG ini dapat mewujudkan
kekompakan antara Anggota dan Pengurusnya agar semua kegiatan yang direncanakan
dapat berjalan lancer sesuai yang diharapkan.
- Sambutan 2 dari Bapak Huppy Sastra selaku Ketua KKG Kecamatan
Plosoklaten menjelaskan bahwa :
Ø KKG ini dapat terlaksana
karena ada kolaborasi dan dukungan dari banyak pihak yang dapat mewujudkan KKG
ini.
Ø Beliau juga menyampaikan bahwa
KKG Kec. Plosoklaten memiliki website/blog di kkgsdkecamatanplosoklaten.blogspot.com,
dalam blog ini ada beberapa macam informasi terkait KKG Kecamatan Plosoklaten
dan Informasi Pendidikan lainnya, belliau juga mengajak untuk semua guru dapat
mengisi blog ini dengan pengalaman praktik baik di kelas maupun kegiatan apapun yang
menag kegiatan/pembelajatan itu berpihak pada murid.
Ø Diharapkan menggunakan PMM
dalam menambah profesional guru.
Ø Mengaktifkan kelompok
Belajar (Kombel)
- Sambutan dari Pak Sujoko selaku Ketua K3S menyampaikan bahwa :
Ø Dalam kegiatan KKG
diharapkan untuk saling mengenal dan kerjasama dalam membuat program, kegiatan
dal hal yang diperlukan dalam kependidikan.
Ø Kegiatan Gemar Makan Sayur
( GEMAYUR) segera diaktifkan.
Ø P3K diharapkan menjadi
anggota Koperasi.
- Penutup dan Doa disampaikan oleh Bapak Purwanto, beliau berharap
kegiatan ini dapat diberkahi dan mendapat kemudahan dari Allah SWT.
09.30 - 11.00: Paparan Materi
- Materi disampaikan oleh Bpk Huda dengan judul "Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi".
- Dalam paparannya, Bpk Huda menjelaskan :
Ø Guru berperan sebagai
pengukir anak didik yang tumbuh sesuai dengan kodratnya.
Ø Guru juga harus bisa
mengikuti perkembangan dengan penyesuaian jaman.
- Kegiatan diselingi dengan Joinquiz
“Pembelajaran Berdeferesiasi”.
- Dilanjut dengan penanyangan Video pendidikan
dan peserta diberi kesempatan untuk memberi komentar.
- Pemaparan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi
dengan penjelasan rencana aksi pembelajaran (Konten,Proses dan Produk).
10.55 - 11.00: Diskusi
- Setelah paparan materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi.
- Dalam sesi diskusi, peserta KKG saling bertukar pikiran dan
pengalaman tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan membuat
rencana aksi pembelajaran di kelas masing-masing.
11.00 – 12.00 : Presentasi
·
Setiap Kelompok mempresentasikan hasil dari Diskusi
dalam rencana aksi pembelajaran yang direncanakan, dan medapatkan umpan balik
dari narasumber maupun dari kelompok Lain
12.05: Penutup
- Acara ditutup oleh Bpk Huda.
Hasil Kegiatan:
- Peserta KKG memahami konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi.
- Peserta KKG mampu menerapkan berbagai strategi pembelajaran
berdiferensiasi di kelas masing-masing.
- Peserta KKG menyusun rencana tindak lanjut untuk menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi di kelas masing-masing.
.gh_87
Tidak ada komentar:
Posting Komentar